-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Senin, 09 Maret 2015

Khasiat dan manfaat daun jati belanda

Khasiat dan manfaat daun jati belanda - Khasiat daun alami - Jati belanda adalah jenis tanaman dari suku sterculiaceae dan sudah cukup terkenal dinusantara sebagai tanaman obat alami, jati belanda juga sering dikenal dengan nama Guazuma ulmifolia.
manfaat daun jati belanda
Gambar : Daun Jati belanda
Ciri ciri tanaman jati belanda berbatang keras, bercabang dengan permukaan batang kasar, dengan warna coklat kehijauan, daun jati belanda berwarna hijau, dengan bentuk seperti telur bulat dengan pinggiran bergerigi dan ujung daun runcing serta permukaannya yang kasar, tulang daun berbentuk sipit dan berseling mempunyai panjang daun sekitar 10-16 cm dan lebar 3-6 cm. Baca juga pembahasan yang sebelumnya tentang manfaat buah pir

Manfaat daun jati belanda yang sudah cukup terkenal itu sehingga tak heran jika tanaman jati belanda banyak dicari oleh para pemburu obat tradisional, dan berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun jati belanda, yaitu :
  1. Obat kaki gajah
  2. Siapkan daun jati belanda yang masih segar dan sudah, kemudian angin-anginkan ditempat tenduh sampai kering, kemudian giling sampai menjadi bubuk. Ambil bubuk daun jati belanda 20 gram seduh dengan segelas air panas, kemudian saring ambil airnya. Minum ramuan ini dua kali sehari.
  3. Obat diare
  4. Ambil beberapa lembar daun jati belanda yang sudah kering, kemudian giling sampai menjadi bubuk, 20 gram bubuk jati belanda seduh dengan segelas air panas, kemudian saring ambil airnya, tambahkan dengan madu dan kencur, minum dua kali sehari. (Tidak dianjurkan untuk penderita masalah penyakit ginjal).
  5. Pelangsing
  6. Ambil daun jati belanda sebanyak tujuh lembar, sepotong temulawak atau kunir putih, kesemua bahan cuci sampai bersih, lalu rebus dengan sati setengah gelas air sampai airnya berkurang menjadi satu gelas. Setelah dingin saring ambil airnya kemudian minum sekaligus. (Perbanyak mengkonsumsi air putih saat mengkonsumsi air daun jati belanda)
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang khasiat dan manfaat daun jati belanda untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita akan manfaat daun obat. "Salam sehat"
Untuk anda yang muslim sebaiknya membaca Basmallah sebelum mengkonsumsi ramuan dari daun jati belanda
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!