-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Kamis, 12 Maret 2015

Khasiat dan manfaat buah lontar

Khasiat dan Manfaat buah lontar - Manfaat daun alami - Buah lontar biasanya juga dikenal dengan nama buah siwalan atau buah tal, buah lontar termasuk jenis palma yang mampu tumbuh dengan baik di Asia selatan dan Asia tenggara. Pohon lontar berbatang tunggal dengan tinggi mencapati 30 meter dengan diameter 60 cm, daunnya besar, terkumpul diujung membentuk tajuk membulat, mirip dengan kipas.
manfaat buah lontar
Gambar : Buah lontar
Buah lontar, terutama biji yang masih muda dan lunak berbentuk bening dan berair, rasanya mirip dengan kolang kaling, namun ia memiliki rasa yang lebih enak, buah ini sering kita jumpai dijual ditepi jalan, atau dicampur dalam minuman es dawet, sedangkan daging buah yang sudah tua berwarna kekuningan dan berserat, dapat dimakan langsung ataupun dimasak terlebih dahulu. Baca juga pembahasan yang sebelumnya tentang manfaat bunga rosella

Selain nikmat untuk dikonsumsi buah lontar ternyata juga kaya akan manfaat, khususnya untuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat buah lontar untuk kesehatan, yaitu :
  1. Sumber karbohidrat
  2. Buah lontar terutama dagingnya yang memiliki warna putih transparan adalah bagian yang mengandung karbohidrat yaitu berupa glukosa, sukrosa dan air, sedangkan kandungan serat, protein dan lemaknya rendah.
  3. Obat sakit liver
  4. Bunga buah lontar memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit lever.
  5. Menjaga kesehatan ginjal
  6. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi leger yang dihasilkan dari pohon lontar, namun saat membeli legen dari pohon lontar kita juga harus hati-hati karena dewasa ini tak jarang para pedagang legen lontar tidak murni (mencampur dengan bahan lain).
  7. Minuman isotonic
  8. Pohon lontar dapat menghasilkan nira, nira tersebut dipercayai dapat menjadi minuman isotonic alami.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang khasiat dan manfaat buah lontar untuk kesehatan. "Salam sehat"
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!