-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Sabtu, 28 Februari 2015

Khasiat dan manfaat daun sembung

Khasiat dan manfaat daun sembung - Khasiat daun alami - Daun sembung adalah termasuk jenis tanaman liar, dengan daun ditumbuhi bulu halus, memiliki sifat pedas, pahit, dan harum. Daun sembung memiliki nama latin Blumea balsamifera, dan termasuk jenis daun obat alami yang khasiatnya sudah terkenal sejak zaman dahulu.
manfaat daun sembung
Gambar : Daun sembung
Khasiat dan manfaat daun sembung
Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun sembung untuk kesehatan, yaitu :
  1. Obat sakit maag
  2. Manfaat daun sembung yang pertama ialah sebagai obat sakit maag, cara mengolahnya pertama siapkan daun sembung segar sebanyak 5 lembar, setelah dicuci sampai bersih rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi satu gelas, tambahkan garam dapur sedikit, lalu minum sebelum sarapan pagi. Lakukan perawatan ini dengan rutin sampai sakit maag yang anda derita sembuh.
  3. Haid tidak lancar
  4. Haid tidak lancar termasuk salah satu masalah yang sering dialami kaum wanita, untuk anda yang sering mengalami haid tidak lancar cobalah untuk memanfaatkan daun sembung caranya ambil daun sembung segar 3/5 genggam, cuci sampai bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih airnya berkurang menjadi 3/4. Setelah dingin minum dengan madu, sehari 3x3/4 gelas.
  5. Obat diare
  6. Untuk mengobati diare pertama siapkan segenggam daun sembung segar, cuci sampai bersih lalu rebus dengan 3 gelas air bersih, hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya, setelah dingin tambahkan madu secukupnya lalu minum tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum.
  7. Obat beri-beri
  8. Untuk mengobati penyakit beri-beri pertama siapkan daun sembung segar seperempat genggam, daun turi segar seperempat genggam, tiga butir cabe jawa dan daun legundi segar seperempat genggam. Kesemua bahan cuci sampai bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya, setelah dingin saring ambil airnya lalu minum 2 kali sehari dengan dosis sekali minum 3/4 gelas.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang khasiat dan manfaat daun sembung untuk kesehatan, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita akan tumbuhan obat. "Salam sehat"
NB : Untuk anda yang muslim sebaiknya membaca Basmallah sebelum melakukan terapi diatas

Previous
Next Post »
 

Cari...!!!