-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Rabu, 12 Maret 2014

Manfaat Jengkol dan bahaya jengkol untuk kesehatan

Manfaat jengkol dan bahaya jengkol untuk kesehatan - Khasiat daun alami - Jengkol atau jering mungkin selama ini anda sudah sering mendengarnya, salah satu jenis makanan yang memiliki dua jenis penggeram, sebagaian sangat menyukainya dan sebagian sangat membencinya karena jengkol memiliki bau khas yang lumayan menyengat.
Jengkol selayaknya juga dengan pete (baca khasiat pete) juga memiliki banyak manfaat khususnya dibidang kesehatan, memang sering kita jumpai masyarakat kita yang mengkonsumsi jengkol dengan jumlah yang banyak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.
Bahaya jengkol, Jengkol mengandung asam jengkolat atau jengkolic acid, atau sama dengan asam urat dimana dalam konstransi tinggi dapat menyebabkan kristal-kristal urine, inilah sebabnya kenapa orang yang sering mengkonsumsi jengkol dalam jumlah banyak sudah buang air kecil, dan jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat menyebakan terbentuknya batu ginjal.
Manfaat dan bahaya jengkol
Selain memiliki efek samping untuk jengkol, ia juga memiliki banyak juga manfaat untuk kesehatan diantaranya, yaitu :
  1. Jengkol kaya akan protein
    Jengkol termasuk jenis buahan yang sangat tinggi proteinnya melebihi kacang kedelai dalam 100 gram jengkol mengandung 23,3 gram protein. Protein itu sendiri berfungsi untuk menganti sel-sel yang sudah usang didalam tubuh dan membentuk jaringan yang baru, berperan dalam sistem hormon, kecerdasan dan lain sebagainya.
  2. Zat besi
    Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk untuk mengangkut oksigen, jika kekurangan zat besi tentu akan membuat pengangkutan oksigen berkurang hal ini tentu akan membuat tubuh menjadi lemas, lesu, pucat dan lemah, dalam 100 gram jengkol mengandung 4,7 zat besi.
  3. Kalsium
    Kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi dalam 100 gram jengkol mengandung 140 mg kalsium, sehingga mengkonsumsi jengkol sangat dibutuhkan bagi yang sangat membutuhkan kalsium dalam jumlah yang besar.
  4. Fosfor
    Fungsi forfor hampir sama dengan kalsium menjaga kesehatan gigi dan tulang dalam 100g jengkol mengandung 166,7 mg fosfor
  5. Vitamin
    Jengkol termasuk buah sayuran yang banyak mengandung vitamin seperti A, B1 B2 dan C dimana kesetiap vitamin tersebut kita ketahui memiliki fungsi tersendiri bagi tubuh kita.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang manfaat dan bahaya jengkol untuk kesehatan semoga bermanfaat dan "Salam sehat"
NB : khusus bagi anda yang muslim wajib membaca Basmallah sebelum mengkonsumsi Jengkol supaya khasiatnya bertambah dan efeksampingnya hilang.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!