-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Senin, 02 Juni 2014

Khasiat dan manfaat buah salak untuk kesehatan

Khasiat dan manfaat buah salak untuk kesehatan - Khasiat daun alami - Salak (salacca zalaca) adalah termasuk jenis tumbuhan palma yang dapat dimakan secara langsung, dalam bahasa inggis dikenal dengan nama snake fruit, mungkin disebut snake fruit karena bentuk kulitnya yang menyerupai sisik ular.
Berdasarkan kultivarnya jenis salak banyak sekali, berkisar antara 20-30 jenis, namun demikian hanya ada beberapa jenis salak yang cukup terkenal diantaranya salak sidimpuan (sumatra utara) Salak condet (jakarta) salak pondoh (Yokyakarta) Salak bali (Bali) dan salak madura (Bangkalan madura).
khasiat dan manfaat buah salak
Selama ini mungkin kita sudah sering mengkonsumsi buah salak, sebagai buah-buahan yang nikmat untuk disantap, selain dari rasanya yang getir manis ini salak juga kaya akan manfaat, khususnya dibidang kesehatan, diantara khasiat dan manfaat buah salak untuk kesehatan, yaitu :
  1. Mengatasi masalah diare atau mencret
    Khasiat salak yang paling terkenal adalah bagus untuk masalah pencernaan, yaitu mencret atau diare, cara mengunakannya juga cukup mudah jika anda mengalami diare atau mencret ambil buah salak yang masih muda lalu makan sebanyak 20 gram.
  2. Obat mata
    Selama ini mungkin kita hanya mengetahui kalau yang bagus untuk mengobati mata hanyalah daun sirih (baca khasiat daun sirih) namun buah salah juga memiliki khasiat yang bagus juga untuk menjaga kesehatan mata kita, buah salak mengandung betakaroten, yang dimana betakoreten tersebut sangat bagus untuk kesehatan mata.
  3. Obat ambeien
    Khasiat buah salak bukan hanya buahnya saja melainkan daunnya juga tak kalah manfaatnya khasiat daun salak yaitu dapat menjadi obat ambeien, caranya ambil daun salak yang masih segar sebanyak 5 lembar, cuci sampai bersih lalu potong-potong seperlunya, lalu rebus dengan dua gelas air, tambahkan dengan gula merah secukupnya, setelah mendidih angkat saring ambil airnya, dan minum air ramuan tersebut minimal dua kali sehari.
  4. Obat diabetes kering
    Selayaknya daun salak kulit salak juga tak mau kalah akan manfaatnya khasiat kulit salak dapat kita manfaatkan untuk mengobati diabetes kering, cara mengolahnya ambil kulit salak dari satu buah salak, lalu kita cuci sampai bersih, lalu rebus dengan air secukupnya sampai mendidih, saring ambil airnya dan minum air ramuan tersebut 3 kali sehari, lakukan perawatan tersebut dengan rutin setiap hari selama dua minggu.
Inilah beberapa khasiat dan manfaat buah salak untuk kesehatan, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi buah salak yang tentunya memiliki banyak manfaat dibidang kesehatan.
NB : Khusus bagi yang muslim sebaiknya sebelum mengkonsum buah salak atau melakukan pengobatan dengan daun dan kulit buah salak membaca Basmallah supaya khasiat dan manfaat buah salak semakin manjur.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!