Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Wednesday, December 10, 2014

Buah yang mengandung antioksidan

Buah yang mengandung antioksidan - Manfaat daun alami - Antioksidan adalah zat yang anti terhadap zat lainnya dan bekerja sebagai oksidan, zat lain yang populer itu adalah radikal bebas, yaitu molekul oksigen dan atom yang pada orbit terluarnya memiliki elektron yang tidak berpasangan, kerena kehilangan pasangannya inilah melekul tidak stabil, liar dan radikal.
Manfaat antioksidan itu sendiri mampu melindungi sel-sel kulit yang sehat dari radikal bebas yang menyerang, dan antioksidan itu sendiri terdapat pada buah dan sayuran terutama yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E. Baca juga pembahasan yang sebelumnya tentang alasan kenapa kita harus mengkonsumsi jus

Berikut ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan, yaitu :
  1. Buah alvokad
    manfaat alpukat untuk kecantikan
  2. Buah alvokad memiliki daging berwarna hijau kekuningan, lunak dan banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal atau asam oleat tunggul, memiliki antioksidan kuat, lemak tak jenuh itu sendiri bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolestrol baik (HDL), menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung, selain dari itu alvokad juga mengandung mineral kalsium, rendah kandungan natrium, kaya akan serat, sedikit gula dan vitamin E.
  3. Buah anggur
    jus anggur
  4. Buah anggur memiliki kulit tipis, rasa manis dan segar, buah anggur selain dikonsumsi secara langsung juga dapat dalam bentuk minuman ataupun salad, buah anggur memiliki beberapa warna seperti ungu, merah, dan hijau. Buah anggur mengandung serat larut yang cukup tinggi, sehingga ia mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Kandungan flavonoid didalamnya adalah antioksidan yang dapat menurunkan resiko pengumpulan darah, yang dapat menyebabkan stroke dan sakit jantung, anggur juga memiliki manfaat mencegah sakit akibat kanker payudara.
  5. Buah apel
  6. Buah apel mengandung pektin yang dapat melawan lemak dan kolestrol jahat, seratnya dapat membantu proses pencernaan, sedangkan dagingnya dapat membantu melarutkan kristal asam dalam sendi, manfaat apel dapat mengobati artritis, konstipasi, kolestrol tinggi, gangguan hati ringan dan kegemukan.
  7. Buah Pir
  8. Buah pir termasuk jenis buah yang banyak kandungan mulai dari kaya akan gizi, anti kanker, kulitnya bersifat anti bakteri, kandungan air yang tinggi dan juga serat, didalam buah pir mengandung chorogenic dan merupakan turunan dari ada hydroxy cinnamic, asam ini cenderung terkumpul dibagian kulit.
  9. Markisa
  10. Buah markisa terdapat dua jenis yaitu markisa ungu dan markisa kuning, markisa mengandung zat besi yang tinggi berfungi untuk memproduksi sel darah merah, rasa asam manisnya baik untuk memperkuat ginjal baik dan metabolisme tubuh.
  11. Mangga
  12. Buah mangga termasuk jenis buah kaya akan serat, yang dapat memberikan kontribusi terhadap kesehatan usus, selain itu oksidatif mangga yang dihasilkan dari berbagai senyawa seperti betakoroten, vitamin C, vitamin E, serta beberapa mineral, senyawa inilah yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Manfaat lain dari mangga kaya akan kalium dan berfungsi untuk meningkatkkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot dan menstabilkan tekanan darah.
  13. Melon
  14. Buah melon mengandung kadar gula yang tinggi, kaya akan vitamin C dan A, khususnya untuk melon yang berwarna oren, manfaat buah melon dapat membantu menghilangkan kanker paru-paru, obesitas, penyakit chron, dan gangguan lambung.
  15. Nenas
  16. Buah nenas memiliki rasa manis, daging lunak dan baunya harum, manfaat nenas yang cukup ampuh ialah kemampuannya untuk melarutkan lemak dalam saluran pencernaan sehingga dapat keluar bersama feses, kandungan bromelin didalamnya juga bagus untuk menyembuhkan sembelit.
  17. Pepaya
  18. Buah pepaya adalah sumber vitamin C dan sumber antioksidan yang baik, manfaat pepaya mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, kandungan enzim papain juga dapat membantu memecahkan serat yang tersisa sehingga menjadi lunak dan mudah dikeluarkan, fungsi lain dari pepaya ialah dapat mengobati luka dilambung, mengatasi sulit buang air besar, sembelit serta mengurangi panas dalam tubuh.
  19. Pisang
  20. Manfaat buah pisang yaitu dapat membantu mereka yang mengalami peradangan lambung atau usus sehingga keasaman lambung menjadi normal, sehingga pisang sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan pisang antara lain kalsium, lemak, kalium, vitamin, mineral, karbohidrat, zat besi, B6 dan protein.
  21. Semangka
  22. Buah semangka memiliki daging yang tebal dan manis, banyak mengandung Vitamin A dan C, manfaat semangka dapat menurunkan kadar
    manfaat buah semangka
    kolestrol dan mencegah serangan jantung, menurut penelitian buah semangka juga dapat meningkatkan kesuburan pria karena kandungan likopen yang terdapat didalamnya. Manfaat buah semangka yang lain sangat cocok dikonsumsi bagi yang sedang mengalami diare, ini dikarenakan buah semangka bebas dari lemak dan memiliki kombinasi kadar gula yang terbatas serta kadar air yang tinggi, buah semangka mengandung air dan kalium yang tinggi sehingga ia dapat menetralisasikan tekanan darah.
  23. Sirsak
  24. Buah sirsak memiliki rasa asin, manis dan segar dengan daging buah berwarna putih lunak, Buah sirsak mengandung serat yang baik untuk pencernaan, sumber vitamin V dan sumber antioksidan yang baik.
  25. Strowberry
  26. Buah strowberry kaya akan pigmen antosianin yang mengandung antioksidan yang tinggi dapat untuk menghaluskan kulit dan mencerahkannya, buah strowberry cocok untuk penderita diabetes karena kandungan kadar gulanya yang rendah.
Inilah dia beberapa jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita akan buah-buahan dan manfaatnya. "Salam sehat"
Next >>> 123
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!