-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Rabu, 22 Februari 2017

14 Cara cepat penyembuhan pasca operasi caesar

14 Cara cepat penyembuhan pasca operasi caesar - Operasi caesar atau bedan sesar adalah proses persalinan dengan cara melalui pembedahan dimana irisan dilakukan diperut ibu dan rahim untuk mengeluarkan bayi. Bedah caesar umumnya dilakukan ketika proses persalinan normal tidak memungkinkan karena beresiko kepada komplikasi medis lainnya.
14 Cara cepat penyembuhan pasca operasi caesar
Gambar ilustrasi : Bekas operasi caesar
Untuk ibu yang baru saja melakukan operasi caesar ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses penyembuhannya lebih cepat, Namun alangkah baiknya ibu membaca dahulu pembahasan yang sebelumnya tentang manfaat mentimun untuk kesehatan sebagai tambahan informasi seputar kesehatan dan berikut ini adalah beberapa kiat-kiat yang harus ibu ketahui :

Baca juga : Manfaat unik bunga melati untuk kesehatan
  1. Jangan membawa beban berat. Kondisi ibu yang baru melahirkan masih lemah. Belum begitu putih, dan rasa nyeri pasca operasi masih terasa. Setelah satu bulan, kondisi ibu akan mulai membaik jika dibarengi dengan istirahat dan makan yang baik.
  2. Hadapi masa nifas dengan tenang dan nyaman. Masa nifas adalah masa setelah melahirkan hingga 6 bulan. Tetap iub baru akan pulih dengan sempurna seperti sebelum hamil setelah 3 bulan. Untuk memulihkan keadaan fisik dan psikis hingga keadaan normal, harus diimbangi dengan makan bergizi, olah raga, dan istirahat yang cukup.
  3. Jangan melakukan hubungan s3ks terlebih dahulu. Tubuh ibu pasca operasi caesar membutuhkan waktu untuk pulih, begitu pula dengan organ s3ksual. Tunggulah dulu hingga 4-6 minggu pasca melahirkan
  4. Usahakan untuk banyak bergerak setelah memungkinkan. Lakukan secara bertahap dan ini akan membantu proses pemulihan.
  5. Mintalah bergantian dengan suami atau yang lainnya untuk menjaga si kecil
  6. Minumlah teh peppermint hangat untuk mengatasi perut kembung
  7. Istirahat yang cukup minimal tidur 8 jam sehari untuk memulihkan kondisi tubuh.
  8. Minumlah air putih yang cukup, supaya ibu tidak sembelit pasca melahirkan
  9. Mintalah saran dari bidan atau dokter untuk posisi menyusui yang nyaman
  10. Jangan panik saat berkeringan berlebih. Menyusui akan merangsang pengeluaran hormon eksitosin untuk konstraksi otot rahim agar mengecil. Sehingga ini akan membuat otot jantung memompa lebih kuat seperti olah raga sehingga ibu akan berkeringat.
  11. Mulailah berlatih otot panggul bawah segera setelah memungkinkan (jangan lupa untuk meminta izin dokter)
  12. Mengkin saja ibu akan moody. Kehamilan dan persalinan menyebabkan perubahan fisik dan psikologis ibu. Bagi beberapa wanita, bahkan dapat menimbulkan trauma psikologis hingga akan menimbulkan masalah kejiwaan. Sehingga dibutuhkan obat-obatan dan terapi psikologis untuk membantu penyembuhannya. Jika ibu mulai mulai menangis, sangat lelah atau perasaan lain yang menggangu jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.
  13. Rawat luka bekas jahitan dengan selalu menjaga kebersihan luka dengan memberikannya cairan antiseptic, mandi dengan teratur dan membersihkan daerah kemaluan setelah BAB atau BAK dengan baik. Jika tidak dibersihkan dapat menimbulkan infeksi pada bekas luka.
  14. Jangan risau jika bekas luka terasa kencang dan gatal, Proses penyembuhan luka mengakibatkan luka terasa kencang dan gatal. Lebih baik luka cukup dibersihkan saja. Jangan digaruk-garuk karena akan menyebabkan luka kembali.
Inilah beberapa 14 cara cepat penyembuhan pasca operasi caesar, semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat membantu proses ibu supaya cepat sembuh. "salam sehat".
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!