-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Selasa, 03 September 2013

Khasiat susu kedelai dan cara membuatnya

khasiat susu kedelai dan cara membuatnyaKhasiat susu kedelai dan cara membuatnyaKhasiat daun alami – Kedelai (Glycine max) atau soya adalah termasuk jenis polongan-polongan dengan tinggi tidak lebih dari satu meter dengan biji berwarna putih kekuningan.
Kedelai sudah dikenal sejar dahulu, dan mulai dibudidayakan oleh penduduk Asia Timur untuk dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Kacang kedelai dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi berbagai jenis makanan seperti tempe, tahu, oncom ataupun kecap serta susu. Selain memiliki rasa yang nikmat makanan dari bahan dasar kacang kedelai juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.
Kacang kedelai selain kaya akan protein nabati juga mengandung serat serta berbagai jenis vitamin dan mineral yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan, dan ini tentu tidak mengherankan jika kedelai menjadi salah satu makanan alternatif bagi vegetarian.
Cara mengkonsi kacang kedelai yang paling bagus adalah dengan cara dibuat susu, karena dengan cara ini membuat sari-sari vitamin yang terdapat dikacang kedelai dapat terserap secara langsung oleh tubuh, selain itu dapat dikonsumsi bagi balita atau anak kecil.
Berikut ini adalah beberapa khasiat susu kedelai untuk kesehatan, yaitu :
  1. Menurunkan Kadar kolestrol darah
  2. Lesitin yang terkandung didalam susu kedelai mempunyai manfaat yang bagus karena mampu mengusir kolestrol jahat didalam tubuh, lesitin mempunyai sifat melarutkan kolestrol dalam darah sehingga tidak menyebabkan terjadinya penyumbatan atau penyempiatan kolestrol.
  3. Mencegah jantung koroner dan stroke
  4. Susu kedelai juga kaya akan vitamin E (Tokoferol) yang mempunyai khasiat mampu mencegah terjadinya serangan jantung koroner dan stroke. Penelitian yang pernah dilakukan oleh Harvard University menunjukkan mereka yang mendapatkan Vitamin E 200 I.U perhari mengalami penurunan resiko terserang kardiovaskular hingga 34%. Dan vitamin yang terkandung didalam susu kedelai juga dapat mencegah penyakit jantung.
  5. Menjadi susu alternatif bagi bayi
  6. Susu kedelai juga bagus untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi ini karena susu kedelai tidak mengandung laktosa susu. Sehingga dengan mengkonsusi susu kedelai kebutuhan gizi tambahan untuk bayi selain ASI (Air Susu Ibu) akan terpenuhi.
  7. Mencegah diabetes melitus
  8. Diabetes melitus terjadi salah satunya adalah karena tubuh kekurangan Insulin, dan berakibat kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lamak, elektrolit dan air. Susu kedelai juga mengandung asam amino glisin dan asam amino arginin yang dimana kandungan tersebut mampu menjaga keseimbangan hormon insulin, selain dari itu protein yang terkandung didalam susu kedelai juga mudah dicerna oleh ginjal jika dibandingkan dengan protein hewani.
Inilah beberapa khasiat susu kedelai untuk kesehatan, dan berikut ini adalah panduan bagai mana cara membuat susu kedelai, yaitu :
  • Ambil satu gram kacang kedelai yang masih bagus, rendam selama satu jam atau sampai kacang menjadi lunak.
  • Cuci sampai bersih
  • Blender dengan air secukupnya
  • Saring ambil airnya
  • Rebus susu kedelai sampai mendidih
  • Angkat dan hindangkan susu kedelai siap untuk dinikmati dengan cara panas atau dingin
Demikianlah pembahasan khasiat daun sirih kali ini tentang khasiat susu kedelai dan cara membuatnya, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan selamat mencoba membuatnya sendiri dirumah. Baca juga pembahasan kami yang sebelumnya tentang Obat tradisional menghilangkan bulu ketiak
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!