-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Minggu, 12 Mei 2013

Khasiat enau

khasiat enauKhasiat enau - Enau (Arenga Pinnata Merr) adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Arecacea jenis palma, berakar kuat, menjalar kemana-mana, dan manfaat enau sangat banyak sekali bagi manusia.
Bunga jantan enau dapat menghasilkan nira yaitu suatu bahan gula aren, buahnya dapat diolah menjadi kolang kaling, ijuk dapat dibuat sapu atau keset. Namun demikian tanaman enau banyak tidak disukai oleh para petani karena akarnya menjalar kemana-mana dan dapat merusak tanaman lain disekitarnya.
Selain manfaat enau yang banyak bagi masyarakat umut, khasiat enau yang lainnya adalah dibidang kesehatan juga banyak, yaitu dapat mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang diderita.
Khasiat enau yang banyak dibidang kesehatan inilah yang menyebabkan enau menjadi salah satu jenis tanaman berkhasiat yang banyak dicari, berikut ini adalah beberapa khasiat enau untuk kesehatan dan cara mengolahnya menjadi tanaman obat, yaitu :
  1. Obat Demam
  2. Ambil 1 gelas air hangat campur dengan 1 potong gula aren, aduk sampai rata kemudian minum air ramuan tersebut satu kali sehari.
  3. Obat sakit perut
  4. Siapkan 1 gelas air hangat, 1 potong gula aren dan asam jawa masak secukupnya, kesemua bahan ramuan tersebut dicampur menjadi satu, aduk sampai rata, kemudian saring ambil airnya dan minum.
  5. Sulit buang air besar
  6. Ambil air satu gelas campur dengan 1 potong gula aren, aduk sampai rata lalu minum airnya.
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun sirih kali ini tentang khasiat enau untuk kesehatan, semoga dengan pembahasan tentang enau ini menambah pengetahuan kita akan jenis-jenis tamanan yang berkhasiat bagi kesehatan. Semoga penyakit yang sedang anda derita cepat sembuh.
NB : Khusus bagi yang muslim sebaiknya sebelum mengkonsumsi ramuan tradisional ini membaca Basmallah supaya khasiat enau akan semakin bertambah, karena ada campur tangan Tuhan disana.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!