-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Senin, 06 Mei 2013

Khasiat cengkeh

khasiat cengkeh
Khasiat cengkeh – Cengkeh (Syzygium Aromaticum, (Linn) Merr) adalah termasuk jenis tanaman berkayu keras dari keluarga Myrtaceae, serta termasuk kedalam tanaman perdu yang memiliki batang pohon besar dan berkayu keras. Cengkeh tanaman yang mampu berumur sampai ratusan tahun, tingginya mencapai 20-30 meter, memiliki bunga dan cabang yang lebat.
Daun cengkeh berwarna hijau berbentuk bulat telur, memanjang dengan bagian ujung dan pangkalnya menyudut. Sedangkan buah dan bunga cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendek serta bertandan. Bunga cengkeh yang masih muda berwarna keunguan, kemudian berubah menjadi kuning kehijauan dan berubah lagi menjadi merah muda apabila sudah tua. Sedangkan untuk bunga cengkeh kering akan berwarna coklat kehitaman dan memiliki rasa pedas, karena mengandung minyak atsiri.
Cengkeh adalah termasuk tanaman herbal, khasiat jengkeh sangat banyak sekali terutama dibidang kesehatan, diantara khasiat cengkeh yang paling terkenal adalah untuk menghitamkan alis mata, obat sakit campak dan kolera.
Berikut ini adalah beberapa khasiat cengkeh sebagai warisan keluarga, lengkap dengan cara mengolah dan khasiat untuk beberapa penyakit yang sedang kita derita.
  1. Obat sakit campak
    Ambil 10 biji bunga cengkeh rendam dengan 1 gelas air masak semalaman, kemudian tambahkan dengan gula batu secukupnya, aduk sampai gula hancur. Minum air ramuan tersebut sedikit demi sedikit.
  2. Obat kolera
    Ambil bunga cengkeh yang sudah kering secukupnya, kunyah serap airnya. lakukan terapi tersebut setiap hari. Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta dapat menambah jumlah darah putih.
  3. Menghitamkan alis mata
    Ambil 5-7 biji bunga cengkeh kering, bakar sampai hangus, kemudian tumbuk sampai halus, setelah halus tambahkan bunga minyak kemiri secukupnya, cara mengunakannya oleskan pada alis mata setiap malam sebelum tidur.
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun sirih kali ini tentang khasiat cengkeh, semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita, tentang jenis jenis tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan, semoga informasi ini bermanfaat dan sakit yang sedang anda derita akan cepat sembuh.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!