-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Selasa, 10 Februari 2015

Khasiat dan manfaat daun kedondong

Khasiat dan manfaat daun kedondong - Manfaat daun alami - Kedondong adalah jenis buah-buahan yang berasal dari Asia tenggara memiliki nama latin Spondiast dulcis forst, memiliki bantuk pohon lurus tinggi dan besar serta mudah patah. Biasanya dimanfaatkan buahnya, dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat rujak, rasanya manis asem berwarna hijau jika masih muda, dengan biji berserabut.
manfaat daun kedondong
Gambar Ilustrasi : Kedondong

Namun taukah anda bahwa selain dari buah daun kedondong juga memiliki banyak manfaat, kandungan yang terdapat didalam buah kedondong bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita.

Kandungan daun kedondong per 100 gram
Kandungan GiziJumlah
Energi 59 kkal
Protein3,5 gr
Lemak 0,3 gr
Karbohidrat13,4 gr
Kalsium 540 mg
Fosfor 82 mg
Zat Besi6 mg
Vitamin A2900 IU
Vitamin B10,08 mg
Vitamin C30 mg

Khasiat dan manfaat daun kedondong
Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun kedondong untuk kesehatan dan cara mengolahnya :
  1. Obat batuk
  2. Siapkan daun kedondong segar sebanyak 3-4 lembar, cuci sampai bersih kemudian rebus dengan dua gelas air, sampai mendidih, kemudian angkat dan biarkan sampai hangat. Langkah selanjutnya saring ambil airnya dan minum selagi hangat, agar rasanya menjadi lebih enak tambahkan madu secukupnya.
  3. Obat disentri
  4. Siapkan 5 gram kulit kedondong yang masih segar, cuci sampai bersih kemudian iris-iris kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya, selagi hangat saring ambil airnya kemudian minum dua kali sehari pagi dan sore.
  5. Obat luka bakar
  6. Siapkan daun kedondong segar secukupnya, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus, balurkan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang khasiat dan manfaat daun kedondong untuk kesehatan, semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita akan manfaat tumbuhan yang ada disekitar kita. "salam sehat"
NB
Untuk anda yang muslim sebaiknya membaca Basmallah sebelum melakukan terapi diatas

Previous
Next Post »
 

Cari...!!!