-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Sabtu, 15 Februari 2014

Manfaat akar daun kulit biji dan buah srikaya

Manfaat akar daun kulit biji dan buah srikaya - Obat tradisional - Srikaya (Annona squamosa) adalah jenis buah-buahan yang bersal dari Hindia barat, namun buah srikaya mampu tumbuh dengan subuh di Nusantara. Buah srikaya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.
manfaat buah srikaya
Manfaat buah srikaya selain sebagai buah-buahan yang nikmat untuk disantap juga bagus untuk kesehatan khasiat buah srikaya khusus dibidang kesehatan sangat banyak sekali, juga yang dapat kita manfaatkan bukan hanya buahnya saja melainkan daun, akar, kulit dan bijinya juga dapat kita olah menjadi obat alami, yang tentunya manjur untuk mengobati berbagai masalah kesehatan yang sedang anda alami.
Berikut ini adalah beberapa Manfaat daun akar kulit biji dan buah srikaya, yaitu :
  1. Daun srikaya
  2. Daun srikaya memiliki sifat mendinginkan dan rasa pahit sepet. Khasiatnya dapat untuk mengobati penyakit rematik, batuk, demam, diare, kutu rambut, obat luka alami dan juga cacingan
  3. Buah srikaya
  4. Buah srikaya yang masih muda, banyak mengandung tanin. dimana tanin itu sendiri dapat untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare atau disentri. Sedangkan buah srikaya yang sudah masak kaya akan vitamin c sebagai anti oksidan yang dapat membantu serangan radikal bebas
  5. Biji srikaya
  6. Biji srikaya dapat membantu memicu enzim pencernaan
  7. Akar srikaya
  8. Akar srikaya sangat banyak kandungannya seperti horneol, flavonoida, camphor, alkaloid, anonain, dapat mengatasi sembelit, nyeri tulang dan disentri
  9. Kulit kayu srikaya
  10. Kulit kayu srikaya berkhasiat untuk untuk mengobati disentri, diare dan obat luka alami.
Untuk mendapatkan manfaat buah srikaya tersebut tentu kita harus mengkonsumsi dan mengolahnya hingga menjadi obat tradisional dan berikut ini adalah beberapa cara mengolah buah srikaya menjadi obat, yang didapat dari beberapa sumber, yaitu :
  1. Obat bisul
  2. Caranya ambil daun srikaya secukupnya cuci sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus, tambahkan dengan garam dapur secukupnya, lalu tempelkan pada bisul baru dibungkus dengan kain, ganti ramuan tersebut 2-3 kali dalam sehari
  3. Obat kutu rambut
  4. Ambil biji buah srikaya sebanyak 10 butir dan daunnya segenggam, kedua bahan tersebut tumbuk sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya aduk sampai tercampur rata, baru kemudian sapukan pada rambut sambil diurut-urut, lalu bungkus dengan kain atau handuk dan biarkan selama 3 jam, baru kemudian bilas sampai bersih (saat membasuh hati-hati airnya terkena mata karena dapat menyebabkan peradangan atau iritasi)
  5. Obat cacing alami
  6. Ambil daun srikaya sebanyak 15 lembar cuci sampai bersih lalu rebus dengan volume air sebanyak 5 gelas sampai airnya berkurang menjadi 3 gelas, setelah dingin saring ambil airnya dan minum air ramuan tersebut 3 x sehari dengan dosis sekali minum 1 gelas.
  7. Diare
  8. Ambil kulit batang buah srikaya sebanyak 10 gram, cuci sampai bersih lalu potong-potong seperlunya kemudian rebus dengan volume air 4 gelas hingga airnya berkurang menjadi setengahnya. Tambahkan gula merah secukupnya, setelah dingin saring ambil airnya dan minum air ramuan tersebut dua kali sehari.
Demikianlah pembahasan kali ini tentang Manfaat akar daun kulit biji dan buah srikaya untuk kesehatan semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan "Salam sehat"
NB : Khusus bagi anda yang muslim sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi ramuan diatas anda membaca Basmalah supaya khasiat buah srikaya semakin manjur.
  • Wanita hamil dilarang mengkonsumsi rebusan daun, biji atau akar buah srikaya
  • Akar, biji dan daun buah srikaya juga mengandung racun jadi sebaiknya jika anda ingin mengkonsumsi rebusannya mendapatkan pengawasan dari ahli herbal yang sudah berpengalaman dibidangnya
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!