-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Rabu, 26 Februari 2014

Khasiat dan manfaat beras merah

Khasiat dan manfaat beras merah - Obat tradisional - Beras merah (oryza sativa) ini terjadi karena aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber merah atau unggu, beras merah kadang juga disebut dengan ketan merah, naman merah itu sendiri didapat karena warnanya yang merah agak kehitam-hitaman ini.
manfaat beras merah
Beras merah sangat banyak khasiat dan manfaatnya, khususnya dibidang kesehatan, kandungan gizi beras merah dan vitamin yang tinggi terkandung didalamnya inilah yang membuat beras merah lebih bagus jika dibandingkan dengan beras putih. Berikut ini adalah beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan, yaitu :
  1. Kaya akan serat
    Beras merah kaya akan serat yang baik untuk kesehatan tubuh, jika dibandingkan dengan beras putih, serat beras merah lebih tinggi, jika beras putih mengandung karbohidrat sederhana makan beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang tentunya ini lebih bermanfaat lagi bagi tubuh.
  2. Kadar gula rendah
    Beras merah memiliki kadar gula yang berasal dari karbohidrat dengan kadar rendah, ini tentu minim untuk dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi beras merah dapat membuat gula darah menjadi lebih stabil.
  3. Kaya akan zinc
    Zinc berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan berfungsi untuk membuat luka cepat sembuh dan mengering, selain dari itu beras merah juga kandungan zat besi didalam beras merah juga bermanfaat sebagai senyawa antioksidan yang dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.
  4. Mengandung vitamin B6
    Vitamin B6 berfungsi untuk menjaga produksi hormon serotonin, dan membantu pembentukan sel-sel DNA selain dari itu juga sangat baik untuk membantu mempertahankan kesetabilan sel darah merah.
  5. Mengurangi kadar kolestrol jahat
    Penyakit atau masalah kesehatan yang umum dialami oleh masyarakat kita jika usia sudah menginjak 40 tahun adalah timbunan kolestrol jahat, mengkonsumsi beras merah dengan rutin dapat membantu mengurangi kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Ini tentu dapat membuat tubuh menjadi semakin sehat.
Demikianlah pembahasan khasiat daun alami kali ini tentang khasiat dan manfaat beras merah, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan masalah kesehatan yang sendang anda alami akan segera terselesaikan "salam sehat"
NB : khusus bagi anda yang muslim sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi olahan beras merah anda membaca Basmallah supaya khasiat beras merah semakin mujarab.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!