-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Selasa, 20 Mei 2014

Penyebab tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Penyebab tekanan darah tinggi (Hipertensi) - Khasiat daun alami - Tekanan darah tinggi (Hipertensi) adalah dimana tekanan darah meninggkat, peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih ekstra keras lagi untuk menyalurkan darah melalui pembuluh darah tekanan darah tinggi merupakan kebalikan dari tekanan darah rendah. Untuk melakukan pengukuran tekanan darah tinggi dilakukan dengan dua cara pengukuran sistolik (Otot jantung berkontraksi) dan diastolik (berelaksasi diantara denyut)
Darah tinggi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu hipertensi sekunder (adalah tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh faktor yang jelas, seperti karena jantung, ginjal dan lain sebagainya) sedangkan hipertensi primer (yaitu serangan tekanan darah tinggi tanpa sebab yang jelas.
penyebab tekanan darah tinggi
Berikut ini adalah beberapa penyebab tekanan darah tinggi (Hipertensi) yang secara umum sering terjadi, walau tidak menutup kemungkinan ada penyebab yang lainnya, adalah, yaitu:
  1. Faktor keturunan
    Keturunan merupakan salah satu faktor anda terserang darah tinggi lebih besar, jika orang tua anda mengidap darah tinggi sangat besar kemungkinan kita juga akan mengalami hal yang sama, hal ditularkan dari orang tua bukan hanya warna kulit, ciri-ciri fisik, sifat namun darah tinggi juga dapat ditularnya.
  2. Faktor usia
    Usia atau umur yang semakin bertambah maka semakin besar resiko kita akan terserang darah tinggi, ini karean saat umur semakin bertambah, elastisitas dari pembuluh darah akan berkurang sehingga hal ini dapat membuat penyempitan pembuluh darah, sehingga dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat.
  3. Gaya hidup
    Gaya hidup yang kurang sehat memang sangat berpengaruh bagi anda untuk terserang darah tinggi, umumnya yang terjadi dikota-kota, kerja dikantor yang hanya duduk didepan komputer secara terus menerus, ditambah lagi dengan kurang olah raga, ini sangat beresiko akan mengalami penyumbatan pembuluh darah, yang akhirnya berakibat darah tinggi.
  4. Pola makan
    Pola makan yang tidak sehat dan seimbang juga dapat menyebabkan darah tinggi, mengkonsumsi makanan dengan lemak, kalori dan gula yang tinggi sangat beresiko anda akan terserang darah tinggi, untuk pola makan sehat harus selalu kita jaga agar tubuh kita sehat.
  5. Minum-minuman keras (beralkohol)
    Minuman keras yang dikonsumsi secara sedikit-sedikit atau banyak sangat tidak bagus untuk kesehatan, baik itu untuk kesehatan fisik maupun mental, salah satu efek samping dari minum-minuman keras adalah anda akan mengalami resiko terserang darah tinggi ini karena alkohol dapat meningkatkan trigliserida dalam darah, dimana trigliserida itu serndiri adalah kolestrol jahat yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.
  6. Stres atau tertekan
    Didalam tubuh kita terdapat hormon adrenalin, yang dimana hormon tersebut akan meningkat bila kita stres atau tertekan, dengan meningkatnya hormon adrenalin ini tentu akan menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya, sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.
Inilah beberapa penyebab tekanan darah tinggi (hipertensi), yang sering terjadi, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan masalah darah tinggi yang mungkin anda derita akan dapat dideteksi sejak dini. Semoga bermanfaat dan anda selalu sehat
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!