-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Kamis, 15 Mei 2014

Penyebab radang amandel

Penyebab radang amandel - Khasiat daun alami - Amandel dan untuk istilah pakar kesehatan atau dokter disebut juga dengan tonsil yaitu dua buah kelenjar getah bening dikedua belah sisi tengorokan, amandel memiliki fungsi atau bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang didalamnya terkandung sel-sel anti body, dalam keadaan normal virus selalu masuk kedalam tubuh melalui hidung atau mulut, saat virus masuk kehidung dan sebelum masuk kedalam tubuh maka akan disaring oleh amandel sehingga bila sel-sel anty bodi amandel tidak mampu mencegah dari virus atau bakteri tersebut bereaksi maka amandel akan sakit atau terjadi peradangan.
penyebab radang amandel
Jadi fungsi dari amandel adalah untuk membantu tubuh agar tetap sehat, untuk itulah yang sering terjadi peradangan atau sakit adalah amandel ketimbang tubuh kita, saat virus atau bakteri masuk ketubuh dan amandel mampu menghancurkan virus atau bakteri tersebut maka tubuh akan tetap sehat dan bila amandel tidak mampu untuk menghancurkannya maka tubuh akan sakit.
Jenis virus yang sering menyerang amandel ada banyak sekali, namun yang sering menyerang adalah jenis virus Epstein-Barr dan virus Cox sackei. Secara umum amandel sangat tahan terhadap virus namun demikian kekurangan vitamin dan yang lainnya menyebabkan amandel tidak mampu untuk menghancurkan virus penyakit.
Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab radang amandel yaitu :
  1. Kekurangan vitamin c
  2. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, secara normal tubuh kita memerlukan 500 mg vitamin C setiap hari, salah satu efek samping bila tubuh kekurang vitamin C ialah dapat membuat amandel menjadi kurang sehat atau tidak mampu menghancurkan virus penyakit yang masuk, untuk itu sangat dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari agar amandel selalu sehat dan tidak terjadi peradangan.
  3. Makanan
  4. Secara umum makanan memang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, namun ada beberapa makanan yang kurang sehat malahan dapat menjadi sebaliknya yaitu membuat tubuh kita menjadi sakit, contohnya jenis makanan yang banyak mengandung pengawet, pemanis buatan, ataupun pewarna kimia ini adalah beberapa jenis makanan yang sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita, jenis makanan yang mengandung bahan-bahan diatas bukan hanya dapat menyebabkan peradangan amandel saja melainkan dapat menyebabkan penyakit yang lainnya seperti kangker, maag ataupun yang lainnya.
  5. Air putih
  6. Air putih adalah salah satu zat yang sangat penting bagi tubuh, dalam tubuh kita 75%nya adalah terdiri dari air, kekurangan air tentu dapat membuat tubuh kita menjadi tidak sehat, dan salah satu efek samping yang akan kita rasakan bila tubuh kekurang air adalah peradangan amandel, untuk itu konsumsi air dengan cukup sangat dibutuhkan, seperti anjuran pakar kesehatan miniman dalam sehari kita mengkonsumsi air putih 8 gelas.
  7. Makanan pedas
  8. Makanan pedas memang sering menjadi idaman untuk sebagian orang, makanan pedas memang kadang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kondisi tertentu, namun demikian terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas bukanlah hal yang baik, selain dapat menyebabkan peradangan amandel terlalu sering dan dalam jumlah banyak mengkonsumsi makanan pedas juga dapat membuat masalah pada pencernaan seperti muntaber ataupun diare.
  9. Kebersihan
  10. Kebersihan adalah faktor yang sangat penting dalam hal kesehatan, kurangnya kita dalah hal dapat menyebabkan berbagai penyakit yang timbul, dan salah satunya adalah perdangan amandel, seperti yang kita ketahui fungsi dari amandel tersebut adalah menyaring setiap yang masuk kedalam tubuh kita yang melalui mulut dan hidung, sehingga jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak terjaga kebersihannya tentu akan sangat beresiko terhadap kesehatan kita. Untuk menjadi perhatian kita juga sebaiknya kita selalu memperhatikan bukan hanya dari faktor makanan yang sehat saja melainkan faktor kebersihan dari hal penunjang makanan itu sendiri seperti tangan, piring, sendok, gelas atau media untuk memperlancar proses makan yang lainnya
Inilah beberapa faktor penyebab amandel yang sering terjadi, namun demikian tidak menutup kemungkinan ada faktor penyebab yang lainnya, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan tubuh anda selalu sehat terutamanya amandel anda, dan bila amandel anda terlanjur mengalami peradangan tidak ada salahnya untuk mencoba obat tradisional radangan amandel yang sudah admin khasiat daun bahas sebelumnya.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!