-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Selasa, 17 Februari 2015

Khasiat dan manfaat mentimun

Khasiat dan manfaat mentimun - Khasiat daun alami - Mentumun (Cucumis sativus. L) adalah termasuk jenis labu-labuan yang dapat dimakan secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Mentimun mempunyai banyak nama lain seperti tumun, dan ketimun, umumnya dimanfaatkan sebagai lalapan, bahan dasar acar, ataupun disayur tumis.
Mentimun mempunyai bentuk fisik bulat panjang dengan warna hijau muda dengan lari-larik putih agak kekuning-kuningan. Bila sudah masak warna buahnya akan berubah menjadi agak pucat sampai putih.

khasiat mentimun
Gambar Ilustrasi : Mentimun

Khasiat dan manfaat mentimun dibidang kesehatan sangat banyak sekali, ini tentu karena kandungan gizi dan vitamin yang terdapat didalam buah timun itu sendiri juga sangat banyak, berikut ini adalah kandungan nutrisi mentimun dalam 100 gramnya, yaitu :
Gula 1,67 gm
Karbohidrat 3,63 gram
Serat Diet 0,5 gram
Riboflavin (Vitamin B2) 0,033 mg
Niacin (Vitamin B3) 0,098 mg
Asam Pantothenic (Vitamin B5) 0,259 mg
Thiamin (Vitamin B1) 0,027 mg
Vitamin B6 0,040 mg
Lemak 0,11 gm
Protein 0,65 gm
Vitamin C 2,8 mg
Asam Folat (Vitamin B9) 7 μg
Zat besi 0,28 mg
Calcium 16 mg
Magnesium 13 mg
Fosfor 24 mg
Zinc -0,20 mg
Potassium 147 mg

Dari kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat didalam mentimun inilah yang membuat khasiat timun sangat banyak, berikut ini adalah beberapa khasiat mentimun, yaitu :
  1. Untuk pencernaan
    Mentimun kaya akan serat sehinga sangat bagus untuk pencernaan kita, masalah pencernaan seperti gastritis keasaman atau sakit maag dapat kita sembuhkan dengan mengkonsumsi jus mentimun setiap hari. Selain dari itu mengkonsumsi buah timun segar setiap hari dapat mencegah dan mengobati sembelit.
  2. Menurunkan tekanan darah
    Potasium, magnesium dan serat yang terdapat didalam buah mentimun juga memiliki fungsi dan mampu untuk menjaga tekanan darah agar menjadi lebih normal.
  3. Membantu meringankan rematik dan asam urat
    Mentimun kaya akan vitamin, sepeti A, B1, fosfor, Calcium, mangnesium, dan zinc, bila dicampur dengan wortel (jus timun dan wortel) mampu untuk meringan atau meredakan rematik, encok dan rasa nyeri serta mampu untuk menurunkan kadar asam urat kita.
  4. Untuk merawat kulit
    Mentimun memiliki sifat pendingin dan pembersih yang ini tentu sangat bagus untuk kulit. Kandungan air yang tinggi serta vitamin A, B serta mineral, seperti magnesium, dan kalium inilah yang membuat mentimun menjadi bahan yang sangat penting untuk membantu perawan kulit. Menempelkan potongan mentimun dimata dapat membantu menghilangkan pembengkan disekitar mata.
  5. Merawat kuku
    Mentimun juga bagus untuk membantu mencegar kuku rusak, sepeti pecah-pecah atau mengelupas bagian tepinya baik itu kuku tangan maupun kaki.
  6. Menyuburkan rambut
    Mentimun juga dapat membantu menyuburkan rambut, mengkonsumsi jus mentimun yang dicampur dengan wortel dan bayam serta selada dengan rutin dapat membantu menyuburkan rambut.
  7. Membantu mengobati sakit gigi atau gusi
    Masalah mulut seperti sakit gigi atau gusi, khususnya pyorrhea, dapat anda bantu sembuhkan dengan mengkonsumsi jus mentimun, selain itu mengkonsumsi timun secara langsung juga mempunyai fungsi menetralisasikan asam dan basa di mulut.
Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat mentimun untuk kesehatan, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi mentimun setiap hari, baik itu secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Sebagai sedikit tambahan untuk anda yang ingin membuat jus mentimun sebaiknya anda membaca pembahasan yang sebelumnya tentang cara membuat jus yang enak dan sehat, supaya jus yang and buat semakin nikmat.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!