-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Minggu, 15 Februari 2015

Khasiat dan manfaat buah markisa

Khasiat dan manfaat buah markisa - Khasiat daun alami - Buah markisa (Plantae) adalah termasuk jenis buah-buahan dari keluarga Passifloraceae. Buah markisa bukanlah buah-buahan asli Indonesia melainkan berasal dari Amerika latin, dan kemudian menyebar sampai keindonesia.
khasiat buah markisa
Buah markisa juga mampu tumbuh dengan subur didaerah tropis seperti Indonesia inilah yang menyebabkan buah markisa juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat kita. Khasiat buah markisa dibidang kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi, sehingga tidak heran jika buah markisa menjadi salah satu buah yang memiliki nilai komersial yang tinggi. Baca juga Manfaat daun kedondong untuk kesehatan

Khasiat dan manfaat buah markisa yang banyak ini tentu tidak lepas karena kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya, dan berikut adalah kandungan gizi buah markisa diambil dari sumber (Sumber: USDA National Nutrient data base) Prinsip Nilai Gizi Persentase AKG, untuk 100 gram, yaitu :

Energi 97 Kcal
Karbohidrat 23,38 g
Protein 2,20 g
Total Lemak 0,70 g
Kolesterol 0 mg
Serat Diet 10,40 g
Folates 14 mcg
Niacin 1,500 mg
Pyridoxine 0,100mg
Riboflavin 0,130 mg
Thiamin 0,00 mg
Vitamin A 1274 IU
Vitamin C 30 mg
Vitamin E 0,02 mcg
Vitamin K 0,7 mg
Sodium 0 mg
Kalium 348 mg
Kalsium 12 mg
Tembaga 0,086 mg
Besi 1,60 mg
Magnesium 29 mg
Fosfor 68 mg
Selenium 0.6 mcg
Seng 0,10 mcg
ß-karoten 743 mcg
Crypto-xanthin-ß 41 mcg
Lycopene 0 mcg

Dari jumlah kandungan gizi dan nutrisi yang banyak inilah yang membuat buah markisa mempunyai khasiat yang banyak untuk kesehatan, dan mampu untuk membantu menyehatkan, dan berkut ini adalah beberapa khasiat buah markisa yang akan anda dapatkan bila kita sering mengkonsumsinya, yaitu :
  1. Pencernaan
    Buah markisa kaya akan serat, yang dimana serat itu sendiri sangat bagus untuk pencernaan kita, saluran pencernaan dan juga dapat membantu membersihkan usus, dan dapat membantu masalah sembelit atau buang air besar tidak lancar.
  2. Memperlambat pertumbuhan kangker
    Penelitian invitro di University of Florida juga mengatakan buah markisa banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kangker sehingga menghambat pertumbuhan sel kangker didalam tubuh. Markisa memiliki kadar air yang tinggi dan oksidan yang dapat larut dalam lemak, salah satu antioksidan yang terdapat didalam buah markisa adalah beta-karoten
  3. Bagi penderita asma
    Buah markisa juga mengandung vitamin C dan buah yang kaya akan gizi dan cocok untuk penderita asma karena dapat menenangkan serangan asma, Vitamin C yang terkandung didalamnya mampu untuk memblokir histamin penyebab asma.
  4. Sumber nutrisi
    Buah markisa termasuk buah yang sangat banyak kandungan nutrisi dan gizinya jadi sangat cocok dikonsumsi bagi yang mengalami kekurangan gizi dan nutrisi.
  5. Diet
    Buah merkisa yang terkenal akan serat inilah yang membuat buah markisa sangat cocok dikonsumsi bagi yang ingin melakukan diet sehat, karena buah markisa mampu memperlancar pencernaan anda, dan mampu membuat kita terasa kenyang.
  6. Memperlancar Asi
    Mengkonsumsi buah markisa juga sangat cocok untuk ibu menyusui karena buah markisa yang mampu untuk memperlancar asi sehingga kebutuhan gizi untuk sibuah hati anda akan terpenuhi dengan maksimal.
Demikian pembahasan kita kali ini tentang khasiat dan manfaat buah markisa, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi buah markisa setiap harinya. "Salam sehat"
NB : Khusus bagi anda yang muslim sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi buah markisa anda membaca Basmallah supaya khasiat buah markisa semakin mujarab
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!