-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Selasa, 12 November 2013

Cara alami menghilangkan karang gigi

Cara alami menghilangkan karang gigi - Khasiat daun alami - Karang gigi (kalkulus gigi) adalah suatu karang yang terbentuk dari plak (terdiri dari lapisan bening digigi dan kuman) dan zat kapur yang berada didalam air liur. Untuk kita ketahui bahwa didalam mulit terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karang gigi, jika makanan yang tertinggal disela-sela gigi dan tidak dibersihkan maka kuman akan mencernanya dan dalam waktu lama akan menjadi karang gigi.
cara alami menghilangkan karang gigi
Dalam buku Terapi gusi untuk kesehatan dan kecantikan karangan drg. Ml. Grace W. Susanto mengatakan jika anda termasuk orang yang memiliki pH air liur yang tinggi yaitu >7 atau bersifat basa, maka anda harus ekstra dalam menjaga kebersihan mulut, karena anda sangat rawan terserang karang gigi. Sedangkan menurut drg. Mira karang gigi biasanya diawali dengan proses penimbunan plak (sisa makanan yang menempel dipermukaan gigi yang lama-lama mengeras dan menjadi karang). Daerah yang paling rawan terserang karang gigi adalah gigi depan bagian belakang bawah dan gigi geraham atas kanan dan kiri, ini karena gigi daerah tersebut dengan dengan muara kelenjar air liur.
Karang gigi yang menyerang kita, bukan hanya dapat membuat kita merasa tidak percaya diri namun juga dapat menimbulkan bau mulut ini karena plak yang bercampur dengan sisa makanan yang tidak dibersihkan akan terjadi pembusukan, selain dari itu penekanan yang dilakukan oleh karang gigi dalam waktu lama juga dapat merusak jaringan lunak gusi, dan juga dapat menyebabkan peradangan gusi dan iritasi, dan jika dibiarkan secara terus menerus dalam waktu lama dapat mengakibatkan pembusukan pada jaringan tersebut dan dapat menimbulkan granulasi.
Bahkan yang lebih parahnya lagi iritasi karang gigi juga dapat menyebabkan efek samping kesehatan yang lainnya, seperti nafas besar, nafas pendek, terasa lelah saat menaiki tangga, dan sangat mudah lelah walaupun hanya bekerja yang ringan, kadang-kadang untuk kondisi yang parah dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Bahkan ada penelitian yang mengatakan karang gigi juga dapat menyebabkan penyakit jantung, walaupun kepastiannya masih diragukan, namun itu tentu tidak menutup kemungkinan bahwa karang gigi yang mungkin kita derita dapat menyebabkan hal itu terjadi.
Dengen mengetahui bahwa karang gigi, bukan hanya dapat merusak penampilan kita juga sangat berbahaya bagi kesehatan kita dalam jangka yang lama, untuk itulah kita harus selalu menjaga kebersihan mulut supaya karang gigi tidak menyerang kita, dan bila anda sudah terlanjur mengidap karang gigi yang banyak tentu harus segera diobati agar segera hilang dan gigi anda menjadi bersih, berikut ini adalah beberapa cara alami menghilangkan karang gigi yang dapat anda praktekkan, yaitu :
  1. Mengosok atau mengosok gigi
    cara alami menghilangkan karang gigiMenyikat atau mengosok gigi merupakan hal yang penting untuk menghilangkan karang gigi, minimal dua kali sehari, dapat membantu mengurangi atau membersihkan bahkan menghilangkan karang gigi anda, namun ini tentu dengan cara yang benar saat membersihkannya, seperti saat mengosok gusi bagian atas dengan cara keatas kebawah, sedangkan untuk rahang bawah dari arah bawah keatas dan sebaliknya.
  2. Biji asam kawak
    khasiat asamAsam (Tamarindus indica) merupakan jenis polongan yang kaya akan vitamin C, juga mampu untuk membantu kita dalam hal membersihkan karang gigi, caranya ambil beberapa buah biji asam, lalu biji tersebut kita haluskan dengan cara ditumbuk, sampai menjadi bubuk, lalu gunakan bubuk biji asam kawak tersebut untuk mengosok karang gigi, untuk mengosoknya anda dapat mengunakan bantuan sikat gigi ataupun kapas.
  3. Cengkeh
    khasiat cengkehCengkeh (Syzygium Aromaticum, (linn) merr) adalah termasuk jenis tanaman perdu berbatang bersar dan berkayu, cengkeh yang umumnya dimanfaatkan adalah bunganya, dan untuk membersihkan karang gigi juga bunga cengkeh, caranya ambil bunga cengkeh sebanyak 7 biji, lalu tumbuk sampai halus, dan selanjutnya gunakan untuk mengosok gigi, dengan bantuan kapas atau sikat gigi, bubuk cengkeh ini juga dapat anda gunakan untuk berkumur-kumur.
  4. Buah apel
    khasiat apelApel (Malus domestica) adalah termasuk jenis buah-buahan yang berasal dari Asia tenggara, yang umumnya dikonsumsi secara langsung, khasiat apel sangat banyak sekali, untuk bidang kesehatan, ini karena kandungan gizi yang terdapat buah apel juga sangat banyak, apel juga memiliki khasiat yang bagus yaitu mampu untuk membantu menghilangkan karang gigi, cara anda cukup memakan buah apel tampa dikupas dengan rutin, lakukan dengan rutin, hal ini mampu menghilangkan karang gigi anda.
  5. Air
    penyebab kantung mata hitamAir merupakan salah satu zat yang sangat penting dalam kehidupan kita, air selain kita manfaatkan untuk minum juga cukup berperan penting untuk membantu kebersihan kita, khususnya mulut kita, rajin meminum air putih dengan rutin dan berkumur-kumur saat selesai makan dapat membantu mengurangi karang gigi, dan menceganya, karena mulut kita selalu bersih, dari sisa makanan yang menempel digigi.
Inilah beberapa cara alami menghilangkan karang gigi yang dapat anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga pembahasan kali ini tentang cara alami bermanfaat dan karang gigi yang selalu menjadi masalah anda akan segera terselesaikan.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!