-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Jumat, 20 Februari 2015

Khasiat dan manfaat daun kentut

Khasiat dan manfaat daun kentutKhasiat daun alami - Daun kentut (Paederia Scandens) adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Rubiaceae, Termasuk tumbuhan liar dialam terbuka, seperti semak belukar, atau sungai. Daun kentut memiliki daun tunggal, bertangkai panjang mencapai 1-5 cm, bentuknya bundar telur samapi lonjong atau langset. Sedangkan pangkal daunnya berbentuk jantung, ujung meruncing dan tepi rata, daunnya umumnya dimakan sebagai lalap atau sayuran. Untuk mahkota bunga berwarna putih, bagian dalam tabung berwarna ungu gelap.

Khasiat daun kentut
Gambar : Daun kentut

Selain dimanfaatkan sebagai sayur dan lalap daun kentuk juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, khasiat dan manfaat daun kentut yang paling terkenal untuk mengobati sariawan, cacar ular, sakit lambung dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun kentut untuk mengobati penyakit yang sedang kita derita serta cara mengolahnya.
  1. Kulit gatal
    Ambil batang dan daun kentut segar secukupnya, cuci sampai bersih, selanjutnya kita giling atau tumbuk sampai lumat, kemudian kita tempelkan pada bagian yang mengalami sakit gatal.
  2. Cacar ular (Herpes Zooster)
    Ambil daun kentut secukupnya, tumbuk sampai halus hingga menjadi seperti bubur. Tambahkan dengan sedikit air dan garam. Balurkan disekitar kulit yang mengalami Cacar ular.
  3. Perut mules karena angin
    Ambil daun kentut 25 lembar, kukus sebentar, lalu kita makan sebagai lalapan, sedangkan untuk pemakaian luar ambil satu lembar daun kentut layukan diatas bara api, lalu ikatkan pada perut.
  4. Sakit lambung
    Siapkan 15-60 gram daun kentut segar, cuci sampai bersih, kemudian kita tumbuk sampai lumat dan menyerupai bubur. Tambahkan 1 cangkir air matang dan 1-2 sendok teh garam. Aduk sampai rata lalu saring ambil airnya. Minum air ramuan tersebut sebelum makan.
  5. Sariawan
    Siapkan bahan-bahan ramuan berikut ini :
    • Daun kentut segar 1/6 genggam
    • Daun iler 1/5 genggam
    • Daun saga ¼ genggam
    • Daun picisan 1/5 genggam
    • Daun sembung ¼ genggam
    • Pegagan ¼ genggam
    • Adas ¾ sendok teh
    • Polasari ¾ jari
    • Ketumbar ¾ sendok teh
    • Rimpang lempuyang ½ jari
    • Kunyit ½ jari
    • Kayu manis ¾ jari
    • Gula enau 3 jari
    Cara mengolah dan mengkonsumsinya : Semua bahan dipotong seperlunya dan cuci sampai bersih, kemudian rebus dengan air bersih 4 ½ gelas, sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya, biarkan sampai dingin, setelah dingin saring ambil airnya, bagi menjadi 3 bagian, minum tiga kali sehari pagi, siang dan malam.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang khasiat  dan manfaat daun kentut yang kaya akan manfaat, semoga pembahasan kali ini tentang khasiat dan manfaat daun kentut bermanfaat bagi kita semua, menambah pengetahuan kita akan jenis tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan, dan semoga sakit yang sedang anda derita akan cepat sembuh. Amin
NB : Khusus bagi yang muslim, sebaiknya sebelum anda melakukan terapi dengan memanfaatkan daun kentut anda membaca Basmallah supaya khasiat daun kentut semakin mujarab
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!