-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Jumat, 17 Mei 2013

Khasiat daun iler

Khasiat daun iler
Khasiat daun iler – Tumbuhan iler (Coleus scutellarioides, Linn, Benth) adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Labiatea, yaitu suatu tanaman yang memiliki batang tegak dan merayap dengan tinggi batang pohon sekitar 30-150 cm dengan penampang batang berbentuk segi empat.
Iler merupakan tanaman basah dengan batang pohon mudah patah, memiliki daun berbentuk hati, dan pada setiap tepinya dihiasi oleh jorok-jorok atau lekuk-lekuk tipis yang bersambungan serta didukung oleh tangkai daun dan memiliki warna yang beraneka ragam.
Bunga iler berbentuk untaian bersusun, bunganya muncul pada pucuk tangkai batang. Tanaman iler dapat tumbuh subur didaerah dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. Tanaman ini biasanya tumbuh disekitar sungai atau permatang sawah dan juga ditepi jalan pedesaan sebagai tumbuhan liar, namun siapa sangka dari keadaannya yang demikian daun iler juga memiliki khasiat yang sangat bagus, terutama dibidang kesehatan, khasiat daun iler diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang diderita sehingga tak mengherankan kalau daun iler kini bukan lagi hanya menjadi tanaman liar namun kini sudah menjadi salah satu tanaman obat, atau istilahnya obat tradisional.
Berikut ini adalah beberapa khasiat daun iler untuk mengobati berbagi jenis penyakit dan cara lengkap dengan cara mengolahnya menjadi obat tradisional dan mengkonsumsinya.
  1. Ambeien
  2. Siapkan bahan ramuan berikut ini :
    • Daun iler 17 lembar
    • Daun ngokilo 7 lembar
    • Rimpang Kunyit 3 cm
    Cara mengolah dan mengkonsumsinya : Cuci sampai bersih kesemua bahan ramuan tersebut kemudian rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih, kemudian saring ambil airnya, minum air ramuan tersebut 1 kali sehari dengan dosis 1 gelas sekali minum.
  3. Bisul
  4. Ambil daun iler secukupnya olesi permukaannya dengan minyak kelapa, kemudian panggang, dalam keadaan hangat tempelkan pada bagian yang berbisul.
  5. Lambat datang bulan
  6. Ambil daun iler secukupnya, cuci sampai bersih kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya, minum air ramuan tersebut menjelang datang haid.
  7. Demam atau sembelit
  8. Ambil 1 potong daun dan batang iler, cuci sampai bersih kemudian potong-potong seperlunya kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari dengan dosis ½ gelas sekali minum.
Demikianlah pembahasan khasiat daun sirih kali ini tentang khasiat daun iler yang sangat bagus untuk mengobati beberapa jenis penyakit yang sedang kita derita, semoga dengan pembahasan kita kali ini tentang obat tradisional ini akan menambah pengetahuan kita akan tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!