-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Kamis, 05 Desember 2013

Obat tradisional untuk cacingan

Obat tradisional untuk cacingan - Khasiat daun alami - Cacingan jenis gangguan kesehatan yang disebabkan oleh cacing parasit yang ada didalam tubuh, dan jenis cacing yang populer adalah cacing pita, cacing kremi dan cacing tambang, yang biasanya jenis cacingan ini sangat mudah menular.
Ciri-ciri terserang cacingan adalah pantat terasa gatal, terutama pada malam hari, wajah terlihat pucat, lesu, tubuh menjadi kurus dengan perut buncit, disertai dengan berat badan tidak setabil walaupun nafsu makan tidak berkurang, sering mengalami mules, diare atau pun sulit buang air besar.
Cacingan bukan termasuk penyakit mematikan namun walaupun demikian cacingan sangat mengganggu dan harus mendapatkan penanganan serius supaya tidak bertambah parah dan banyak yang tertular, salah satu cara yang dapat kita ambil untuk mengobati cacingan adalah dengan obat tradisional.
Berikut ini adalah obat tradisional untuk cacingan yang dapat kita ambil, yaitu :
  1. Bengle
    khasiat bengleBengle (Zingiber purpureum roxb) adalah salah satu rimpang yang kaya akan manfaat, tumbuhan yang berasal dari Asia tropika ini salah satu khasiatnya adalah mampu untuk mengobati cacingan, caranya ambil 3 jari rimpang bengle yang masih segar, dua jari temu hitam, 5 biji ketumbar dan 5 lembar daun sirih, kesemua bahan-bahan diatas tumbuk sampai halus kemudian tambahkan dengan setengah cangkir air matang, peras saring ambil airnya dan minum sekaligus, lakukan perawatan tersebut dengan rutin setiap hari satu hari sekali.
  2. Wortel
    khasiat wortelWortel (Daucus garota linn) adalah termasuk jenis umbi dari keluarga Apiaceae, yang biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran atau jus, salah satu khasiat wortel adalah dapat untuk mengobati cacingan caranya, ambil 5-7 gram wortel lalu kita cuci sampai bersih kemudian kita parut, tambahkan santan kelapa secukupnya, kemudian peras saring ambil airnya. Minum air ramuan tersebut dengan rutin menjelang tidur.
  3. Bawang merah
    khasiat bawang merahBawang merah (Allium ascolonicum L) adalah salah satu jenis umbi yang bisanya dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap dalam masakan. Selain dari itu bawang merah juga dapat kita manfaatkan untuk mengobati cacingan yang mungkin anda derita, caranya ambil beberapa siung bawang merah, bersihkan dari kulit ataupun akar yang mungkin menempel, lalu potong-potong kecil-kecil, seduh dengan segelas air dingin dan biarkan semalaman, kemudian saring ambil airnya pada keesokan harinya, tambahkan madu secukupnya lalu minum sekaligus air ramuan tersebut denga rutin sampai sembuh.
  4. Daun kelor
    Khasiat daun kelorDaun kelor (Maringaoleifera) adalah termasuk jenis tumbuhan dari keluraga Maringaceae, dan termasuk jenis tumbuhan obat yang sudah terkenal khasiatnya sejak dahulu, salah satu khasiat daun kelor yang paling terkenal adalah untuk mengobati cacingan caranya, ambil tiga lembar daun kelor, daun cabai satu lembar dan batang meniran 1-2 batang, cuci sampai bersih kesemua bahan tersebut lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan berkurang airnya menjadi satu gelas, saring ambil airnya dan minum sekaligus, lakukan perawatan tersebut dengan rutin sampai sembuh.
  5. Buah duku
    khasiat buah dukuDuku adalah termasuk jenis buah musiman yang memiliki rasa manis asem, dengan buah isi berwarna putih ini sangat enak disantap setiap hari, selain rasanya yang enak duku juga dapat kita manfaatkan untuk kesehatan, salah satunya adalah bijinya dapat kita olah menjadi obat cacingan, caranya ambil beberapa buah biji duku yang sudah kering, cuci sampai bersih lalu tumbuk sampai halus, bubuk biji duku tersebut seduh dengan air secukupnya dan minum airnya satu kali sehari dengan dosis seperempat gelas sekali minum.
Demikianlah beberapa obat tradisional untuk cacingan yang dapat anda praktekkan untuk mengobati cacingan yang mungkin anda, atau anak anda derita, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan masalah cacingan dapat segera teratasi. "Salam sehat"
NB : Khusus bagi yang muslim, sebaiknya sebelum anda melakukan terapi obat tradisional cacingan ini anda membaca Basmallah supaya obat cacingan ini lebih mujarab.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!