-->

Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Selasa, 11 Juni 2013

Khasiat buah pisang

khasiat buah pisang
Khasiat buah pisang – Pisang (banana) adalah termasuk jenis buah yang memiliki batang terna (yaitu jenis batang yang lunak yang tidak berkayu) dan termasuk jenis tumbuhan dari keluarga Musaceae. Tinggi pohon pisang bisa mencapai enam meter, dengan daun yang bersar dan panjang memiliki warna hijau tua.
Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang biasanya dikonsumsi secara langsung, namun tidak sedikit juga yang mengkonsumsi buah pisang dengan cara diolah terlebih misalnya dibuat kolak atau bubur.
Pisang yang populer dikonsumsi sebagai makanan cuci mulut kaya akan karbohidrat ini sangat cocok dikonsumsi untuk yang lagi menjalankan program diet sehat, selain rasanya manis enak pisang juga dapat menunda lapar.
Khasiat buah pisang yang banyak ini tentu berasalan menurut data USDA Nutrient kandungan gizi pisang per 1 buah pisang 100 – 150 gram yaitu :
Energi 371 kJ (89 kcal).
Karbohidrat 22,84 gram.
Gula 12,23 gram.
Diet serat 2,6 gram.
Lemak 0,33 gram.
Protein 1,09 gram.
Vitamin A equiv. 3 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,031 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,073 mg (5%)
Niacin (Vit. B3) 0,665 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,334 mg (7%)
Vitamin B6 0,367 mg (28%)
Folat (Vit. B9) 20 mg (5%)
Vitamin C 8,7 mg (15%)
Kalsium 5 mg (1%)
Besi 0,26 mg (2%)
Magnesium 27 mg (7%)
Fosfor 22 mg (3%)
Kalium 358 mg (8%)
Seng 0,15 mg (1%)
Dari kandungan gizi yang banyak inilah yang membuat pisang kini menjadi salah satu jenis buah-buahan yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, baik itu penyakit kronis maupun untuk mencegah terjadinya penyakit.
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Rasa manis yang terkandung didalam pisang adalah termasuk gula alami yang tentunya sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat olah raga atau latihan. Glukosa yang terdapat didalam pisang sangat bagus untuk sumber tenaga tubuh.
  3. Mengatasi sembelit
  4. Pisang juga kaya akan serat, dan sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang mengalami masalah dengan pencernaannya, serta yang ada didalam buah pisang dapat membantu memperlancar buang air besar. Mengkonsumsi pisang secara rutin dapat membuat pencernaan kita menjadi sehat dan dapat terhindar dari sembelit yang menyakitkan.
  5. Diet alami
  6. Kandungan serta yang ada didalam pisang selain dapat memperlancar pencernaan juga bagus untuk kita yang lagi menjalan program diet sehat.
  7. Menghaluskan kulit wajah
    • Pisang juga bagus untuk kecantikan dapat dimanfaatkan dengan cara dimakan ataupun dilakukan dengan cara luar, contok pengunaan pisang untuk kencantikan, yaitu :
    • Ambil beberapa buah pisang masak yang masih segar
    • Bersihkan kulitnya kemudian lumatkan dengan cara ditumbuk atau diblender sampai menjadi bubur pisang
    • Tambahkan dengan madu secukupnya, aduk sampai rata.
    • Gunakan ramuan tersebut untuk melumuri kulit wajah, biarkan sampai kering kurang lebih 30 menit
    • Cuci dengan air hangat baru kemudian dengan air dingin sampai bersih.
    • Untuk hasil yang maksimal Lakukan terapi tersebut dua kali sehari.
Demikianlah pembahasan khasiat daun sirih kali ini tentang khasiat buah pisang untuk kesehatan, semoga dengan pembahasan kali ini akan menambah pengetahuan kita akan pisang yang kaya akan manfaat.
Previous
Next Post »
 

Cari...!!!