Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Wednesday, June 22, 2016

Khasiat dan manfaat belimbing wuluh

Khasiat dan manfaat belimbing wuluhKhasiat daun alami - Belimbing wuluh (Averrhoa Bilimbi L) adalah termasuk tumbuhan dari keluarga Oxalidaceae, pohonnya kecil dan tinggi pohonnya bisa mencapai 10 meter. Menurut beberapa sumber belimbing wuluh berasal dari Amerika Tropis ini mendekati tempat tumbuh yang tumbuh bebas, namun cukup lembab. Belimbing wuluh memiliki batang kasar dan berbenjol-benjol, sedikit cabang, condong keatas.
Belimbing wuluh berbentuk bulat panjang persegi panjang 4-6 ½ cm, berwarna hijau kekuning-kuningan, bila masak berair banyak, rasanya asam, biasanya dimanfaatkan untuk sirup penyegar, penyedap masakan, pembersih noda, mengkilatkan kuku atau tangan yang terkena noda dan juga sebagai obat tradisional, inilah salah satu khasiat belimbing wuluh yang paling terkenal.
Belimbing wuluh yang umunya dimanfaatkan untuk kesehatan adalah daun, bunga dan buahnya, dan berikut ini adalah beberapa khasiat belimbing wuluh dan cara mengolahnya menjadi obat tradisional.

1. Obat Jerawat
Caranya :
Ambil buah belimbing secukupnya, cuci sampai bersih kemudian kita tumbuk sampai halus. Remas dengan air garam seperlunya. Gunakan ramuan tersebut untuk mengosok muka yang berjerawat, lalukan dengan rutin terapi tersebut 3 kali sehari. Anda juga dapat melakukan cara yang lain,yaitu ambil 6 buah belimbing wuluh dan ½ sendok teh bubuk belerang. Kedua bahan ramuan tersebut tumbuk sampai halus, remas dengan 2 sendok air jeruk nipis. Gunakan ramuan tersebut untuk mengosok atau melumasi bagian kulit wajah yang berjerawat, lakukan terapi tersebut 3 kali sehari.
Next >>> 123
Previous
Next Post »