Jenis jenis daun, buah-buahan, dan bunga yang berhasiat untuk kesehatan, obat alami, obat tradisional

Tuesday, June 21, 2016

Khasiat daun tempuyung

Khasiat daun tempuyung - Obat tradisional - Tempuyung (Sonchus arvensis) Adalah tanaman menahun dengan tinggi 0,6 - 2 meter. Tanaman tempuyung memiliki dua jenis yaitu tempuyung berukuran kecil disebut dengan lempung, sedangkan untuk yang berukuran besar disebut dengan rayana. Batang tempuyung berbentuk bulat, berongga, berusuk, dan bergetah, daunnya berbentuk lonjong dan tunggal panjangnya mencapai 6-48 cm dan lebar 3-12 cm. Rasa daun tempuyung sangat pahit, bunganya merupakan bunga majemuk berbentuk bonggolan yang bertangkai panjang dan berukuran mungil, warna bunganya kuning cerah dan akan berubah warna merah kecoklatan, sedangkan buahnya bertekstur keras, pipih, dan berwarna coklat kekuning-kuningan, akarnya akar tunggang yang kokoh.
Secara kimia tanaman tempuyung mengandung alfa-laktuserol, beta-laktoserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid dan taraksa-sterol. Sedangkan kandungan utama daunnya adalah ion-ion mineral (silika, kalium, magnesium, dan netrium) dan senyawa organik (flavonoid, kumarin, taraksasterol, inositol, dan asam fenolat) sementara kandungan utama akarnya adalah senyawa flavonoid (apigenin 7-0 glukosida)
Khasiat daun tempuyung sangat banyak sekali, untuk mengobati berbagai jenis penyakit, dan berikut ini adalah beberapa khasiat daun tempuyung yang sangat terkenal :
Next >>> 123
Previous
Next Post »